1. Apa yang Anda percaya tentang peserta didik dan pembelajaran di kelas sebelum Anda  mempelajari topik ini?
  2. Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku Anda setelah mempelajari topik ini? 
  3. Apa yang dapat segera Anda terapkan lebih baik agar kelas Anda merefleksikan pemikiran KHD?

  1. Sebelum mempelajari topik ini, saya percaya bahwa peserta didik memiliki beragam kemampuan dan kebutuhan, dan pembelajaran harus disesuaikan dengan mereka. Namun, saya mungkin kurang menyadari pentingnya mendengarkan mereka secara lebih aktif.
  2. setelah  mempelajari topik ini, pemikiran saya telah berubah menjadi lebih fokus pada pendekatan yang berpihak pada murid. Saya lebih sadar akan pentingnya mendengarkan peserta didik, mengakomodasi perbedaan mereka, dan mengembangkan lingkungan pembelajaran yang inklusif.
  3.  Untuk merefleksikan pemikiran KHD, saya dapat segera memulai dengan lebih sering berinteraksi dengan peserta didik untuk memahami kebutuhan dan minat mereka. Saya juga bisa mulai merancang pembelajaran yang lebih beragam dan inklusif, serta melibatkan peserta didik dalam proses pengambilan keputusan terkait pembelajaran di kelas.